Bagi para pelaku usaha atau perusahaan yang memproduksi barang, packaging mempunyai peranan penting dalam marketing dan branding. Fungsi packaging box untuk branding ini mencakup identitas dan citra brand.
Dalam dunia bisnis, eksistensi sebuah merek sangatlah penting untuk keberlangsungan usaha. Branding yang kuat mempermudah suatu produk dikenal oleh masyarakat yang kemudian berpotensi menjadi pembeli produk tersebut.



Berikut ini adalah beberapa fungsi packaging yang menarik untuk branding produk.
Packaging sebagai Representasi Visual Merek
Kemasan adalah wadah sekaligus citra merek yang pertama kalinya dilihat oleh konsumen. Dalam hal ini packaging memberikan peranan berupa:
1. Menonjolkan Identitas Visual Brand
Identitas visual brand merupakan kesatuan elemen yang membentuk struktur identitas untuk mempresentasikan sebuah brand. Elemen yang kerap dipakai dalam identitas visual brand meliputi logo, palet warna, tipografi, dan grafis.
2. Konsistensi Desain Packaging
Selain tampilan, konsistensi juga dibutuhkan dalam mendesain kemasan suatu produk. Konsistensi disini adalah kesesuaian elemen visual kemasan dengan visi misi perusahaan guna menciptakan kepercayaan konsumen.
3. Menarik Perhatian di Rak Penjualan
Fungsi packaging untuk branding selanjutnya adalah sebagai daya tarik produk terhadap konsumen di etalase toko. Oleh karena itu, packaging harus didesain menarik dan unik supaya lebih menonjol daripada produk pesaing. Hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain packaging menarik adalah jenis, ukuran, warna, bentuk, grafis, dan informasi produk pada kemasan.
Packaging sebagai Media Komunikasi
Kemasan adalah salah satu wujud komunikasi visual yang memegang peranan berupa:
1. Menyampaikan Pesan Merek melalui Visual dan Tekstur
Desain dan material packaging dipilih untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada target pasar. Contohnya seperti material kemasan kertas kraft, memungkinkan perusahaan yang mengutamakan sisi ramah lingkungan pada produknya.
2. Memberikan Informasi Penting tentang Produk dan Brand
Packaging juga memegang andil yang besar dalam memberikan informasi seputar produk dan merek. Hal ini bisa dilihat pada kemasan yang biasanya mencantumkan komposisi, keunggulan produk, hingga tanggal pembuatan atau kadaluwarsa.
3. Menarik Emosi Konsumen melalui Desain yang Menginspirasi
Konsumen cenderung terus mengingat kemasan dengan bentuk unik, warna mencolok, dan grafis yang merepresentasikan visual. Namun, di satu sisi, konsumen tidak mengesampingkan emosional dan perasaan ketika membeli suatu produk. Oleh karena itu, packaging yang relevan dengan perasaan atau kenangan tertentu bisa menciptakan koneksi emosional dengan konsumen.
Packaging sebagai Pembeda dari Kompetitor
Fungsi packaging untuk branding perusahaan berikutnya adalah sebagai pembeda dari pesaingnya, yang meliputi:
1. Menggunakan Packaging sebagai Alat Diferensiasi
Pasar bisnis penuh dengan produk serupa sehingga kemasan unik adalah faktor utama yang membedakan suatu produk dengan pesaingnya. Packaging yang kreatif dan inovatif menjadikan suatu produk lebih menonjol dan bisa memikat konsumen yang tengah mencari keunikan atau variasi.
2. Packaging sebagai Nilai Tambah Produk
Tidak hanya berfungsi sebagai wadah, kemasan juga memberikan nilai tambah suatu produk. Sebut saja seperti kemasan botol atau toples kaca yang bisa digunakan kembali oleh konsumen. Contoh lainnya adalah tas belanja kain yang merupakan alternatif kemasan ramah lingkungan pengganti kantong plastik sekali pakai.
Packaging Mempengaruhi Pengalaman Pengguna
Kemasan adalah bagian yang pertama kali berinteraksi dengan konsumen, sehingga terciptalah pengalaman yang mengesankan seperti:
1. Kemudahan dalam Penggunaan dan Pengalaman Unboxing
Kepraktisan packaging menjadi salah satu upaya terbangunnya citra positif dari konsumen terhadap produk. Misalnya, kemasan yang bisa dibuka tutup dengan mudah atau kemasan dengan pegangan yang nyaman.
2. Pengalaman Unboxing yang Mewah dan Eksklusif
Demi meningkatkan pengalaman unboxing konsumen, beberapa merek sering mendesain kemasan khusus dengan material premium. Terlebih pada produk mewah, packaging yang eksklusif dapat memberikan momen mengesankan tersendiri ketika unboxing.
3. Interaksi Konsumen dengan Packaging
Fungsi packaging sebagai branding di mata konsumen adalah untuk memperkuat kesan kualitas suatu produk atau merek. Ketika konsumen melihat packaging yang utuh dan tidak rusak, mereka akan cenderung menilai brand atau produk tersebut berkualitas. Sebaliknya, kemasan yang tidak menarik bisa saja menimbulkan persepsi buruk konsumen pada produk dan merek.
Fungsi packaging untuk branding sedikit banyak membawa pengaruh terhadap penjualan produk. Mulai sekarang, tingkatkan branding produk kamu dengan kemasan yang berkualitas dari pakebox.co.id. Selain menyediakan berbagai jenis kemasan, Pakebox menawarkan packaging custom untuk produk apapun, yuk order sekarang.
Editor : Dodi Insan Kamil



