Packaging atau kemasan bukan sekedar sebagai pembungkus produk yang dilihat pertama kali oleh konsumen. Namun, terdapat beberapa peran packaging dalam menarik hati konsumen sekaligus meningkatkan hasil penjualan.
Packaging adalah perantara pertama antara konsumen dengan suatu produk yang ingin mereka beli. Tampilan packaging yang menarik dan informatif tentunya bisa membangun persepsi baik konsumen. Di samping itu, packaging menjadi ciri khas sebuah produk di tengah persaingan pasar dan bisnis yang ketat seperti sekarang ini.
Sebagai elemen penting dalam marketing strategy suatu produk, packaging sengaja dirancang menggunakan desain yang terkonsep dan semenarik mungkin. Konsep packaging yang matang ini nantinya akan menumbuhkan persepsi konsumen bahwasannya produk tersebut berkualitas.
Berikut ini adalah beberapa peran penting packaging dalam dunia bisnis.
Fungsi Utama Packaging



1. Melindungi Produk
Salah satu fungsi utama dari packaging adalah sebagai proteksi supaya produk tetap aman sampai di konsumen. Sebagaimana kita ketahui, kerusakan produk menjadi hal yang paling konsumen hindari.
Dengan menggunakan packaging yang baik, produk di dalamnya akan terproteksi dari berbagai hal yang mungkin menimbulkan kerusakan. Sebut saja seperti paparan sinar matahari, benturan keras, atau kelembapan udara. Penggunaan packaging ini juga akan melindungi produk selama proses pengiriman ke tangan pembeli.
2. Menarik Hati Konsumen
Di sisi lain, packaging juga memegang peran yang krusial untuk memikat perhatian konsumen. Packaging inilah yang pertama kali konsumen lihat ketika hendak membeli sebuah produk.
Warna, desain, serta bentuk packaging bisa membuat sebuah produk terlihat lebih menarik ketimbang produk pesaingnya. Packaging yang menarik bisa menjadi nilai tambah sekaligus memengaruhi persepsi konsumen untuk melakukan pembelian.
Packaging sebagai Alat Komunikasi Produk
Peran packaging dalam menarik hati konsumen bukan sekedar dari estetika pada tampilannya saja. Namun, guna membedakan suatu merek, pihak produsen merancang desain kemasan dengan unik.
Keunikan suatu packaging biasanya dituangkan melalui penyematan logo sebagai identitas suatu merek. Produk sangat perlu mencantumkan logo yang merupakan representasi dari sebuah brand.
Ada di setiap packaging, logo ini menonjolkan visual sekaligus kepribadian brand. Logo pada kemasan adalah sarana efektif untuk mengkomunikasikan pesan merek kepada konsumen.
Ketika diperhatikan, kemasan produk juga memuat beberapa informasi terkait produk yang terdapat di dalamnya. Informasi ini tergantung pada kategori produk. Namun yang paling umum dimuat di bagian kemasan adalah tanggal kadaluwarsa, komposisi, cara penggunaan, hingga indikasi atau kontra indikasi suatu produk.
Adanya informasi di kemasan tersebut membantu konsumen dalam membuat keputusan pembelian yang informasional.
Pengaruh Desain Packaging terhadap Keputusan Pembelian
Bicara tentang peran packaging sebagai daya tarik konsumen, tentu tidak terlepas dari desain kemasan. Desain packaging lebih dari sekedar wadah fisik, namun juga meliputi elemen struktur, visual, dan pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen.
Konsumen pertama kali melihat produk melalui kemasannya. Tidak heran jika desain kemasan yang menarik bisa memicu minat konsumen untuk ingin tahu lebih dalam produk tersebut.
Mulai dari bentuk, warna, dan gambar memegang peran penting dalam membangun daya tarik. Misalnya kemasan yang didominasi warna cerah bisa menggugah perasaan bahagia konsumen.
Tidak jarang pula konsumen memerhatikan fungsionalitas dan kepraktisan pada kemasan. Contohnya seperti ukuran yang pas atau tutup kemasan mudah dibuka, keduanya adalah hal yang bisa memberikan kepuasan bagi konsumen.
Packaging yang Ramah Lingkungan dan Tren Masa Kini
Di era modern seperti sekarang, lebih banyak konsumen yang menghendaki produk dengan packaging ramah lingkungan. Tren kemasan ramah lingkungan ini adalah investasi kita dalam meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Packaging yang berkelanjutan memberikan manfaat jangka panjang untuk bumi kita.
Beberapa contoh inovasi kemasan yang berkelanjutan dan menarik konsumen modern adalah kardus, kemasan kertas coklat, dan carton box. Alternatif lainya bisa menggunakan tas kain, tas anyaman, cassava bag, atau kemasan biofoam pengganti styrofoam.
Secara garis besar, packaging sudah menjadi faktor penting dalam strategi branding perusahaan. Produk dengan kemasan apik tak hanya menjadikan produk lebih awet, namun bisa meningkatkan brand image dalam jangka panjang.
Pemilihan material packaging pun perlu membertimbangkan budget dan terget pemasaran. Setiap pelaku usaha dituntut untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam mendesain packaging.
Mengingat peran packaging dalam menarik hati konsumen yang sangat penting, dapatkan kemasan box berkualitas sekarang juga di Pakebox. Kami menyediakan box yang menarik dan sesuai tren terkini untuk segala jenis usaha. Informasi lebih lengkap dan pemesanan bisa hubungi kami melalui saluran WhatsApp dibawah:
Editor : Dodi Insan Kamil